Kamis, 05 Januari 2012

Tips Memegang Kamera

Saya yakin semuanya pasti pernah motret. kadang suka merasa heran kenapa gambar yang dihasilkan buram atau gambarnya kabur. hal ini biasanya terjadi karena saat tombol Shutter ditekan, kamera tidak berada dalam kondisi yang cukup stabil di tangan fotografernya. untuk menghindari hal itu, maka memahami cara memegang kamera yang baik pada saat pemotretan menjadi hal yang perlu untuk dipahami.
Tripod adalah jawaban terbaik sebagai solusi untuk menghindari gambar yang goyang.  Apalagi digabung sama timer ato remote trigger (kalo ada).
Tapi, tripod nggak Selalu available ketika dibutuhkan. Ketika tripod nggak ada, gimana caranya megang kamera yang baik?
kalo dipikir2 sih sebenernya nggak ada cara yg benar ato salah. karena ini bergantung jenis kamera yg dipake, dan masih bisa bervariasi lagi berdasarkan preferences fotografer.

Berikut adalah panduan umum dalam memegang kamera yang benar, baik untuk kamera DSLR maupun kamera saku:

  • Bila anda menggunakan kamera yang cukup berat seperti DSLR, maka sebaiknya telapak tangan kiri anda berada di bawah kamera untuk menopang bobot kamera. Siku tangan kiri dirapatkan ke perut untuk membantu menopang bobot kamera. Tangan kanan memegang grip kamera dan jari telunjuk letakkan di atas tombol shutter.
  • Bagi pengguna kamera saku angkat kamera hingga layar LCD sejajar mata, bila memungkinkan rapatkan kedua siku dengan perut.
  • Perhatikan letak jari-jari anda, pastikan tidak menghalangi lensa maupun lampu flash.
  • Lebarkan jarak kedua kaki selebar bahu anda, kaki kiri majukan sedikit dari kaki kanan. Ini akan memperbaiki kuda-kuda anda agar lebih kokoh.
  • Buang nafas pelan-pelan (atau tahan nafas bila perlu) disaat mengambil gambar.
  • Jangan tekan tombol shutter dengan cara mengetuknya, sebaliknya letakkan jari anda di atas tombol dan “tekan” jari anda ke dalam tombol shutter saat mengambil gambar.Menggunakan Tripod. Memang Tripod adalah jawaban terbaik sebagai solusi untuk menghindari gambar yang goyang.  Apalagi digabung sama timer ato remote trigger (kalo ada). 
Selamat mencoba beberapa tips yang saya sajikan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar